PELAYANAN & FASILITAS

Retinal Camera

Skrining Mata Pada Bayi Dan Anak

Beberapa kelainan dapat ditemukan pada mata bayi dan merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk memastikan kondisi matanya dengan skrining mata bayi baru lahir. Beberapa negara menerapkan standar pemeriksaan digital seperti RETCAM, karena dapat menyimpan data digital berupa foto kondisi mata bayi, dan bila diperlukan dapat dibandingkan pada saat pemeriksaan lanjutan. Mata adalah organ penting karena penglihatan yang baik akan mempengaruhi perkembangan fisik optimal dan kualitas hidup sehari-hari.


Kelainan Mata Pada Bayi Baru Lahir

Beberapa kelainan seperti katarak, glaukoma, kelainan retina atau retinoblastoma; dapat terjadi pada bayi yang terlihat sehat, dengan usia kehamilan yang cukup dan berat badan lahir yang memadai. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan gangguan penglihatan, menandakan adanya penyakit lain yang lebih serius atau bahkan bisa mengancam jiwanya. Skrining Mata Pada Bayi Berbagai kelainan pada mata bayi dapat ditemukan secara dini dengan skrining mata pada bayi baru lahir, baik pada bayi prematur maupun bayi cukup bulan.


Pemeriksaan dilakukan dengan menilai struktur anatomi segmen anterior dan posterior bola mata menggunakan alat-alat yang dapat menilai mata bayi hingga ke bagian retinanya secara detail. Skrining mata bayi di RSIA Limijati sudah berjalan sejak tahun 2011. Saat ini kami meningkatkan pelayanannya dengan pemeriksaan secara digital, yaitu RETCAM.


RETCAM (Retinal Camera) adalah alat pemeriksaan mata dengan dokumentasi berupa foto digital. Gambar yang dihasilkan sangat detail, sehingga memudahkan pemeriksaan bagi dokter dan orang tua untuk mengerti dan memahami kondisi mata buah hatinya. di samping itu dokumentasi dengan foto juga menjadi penting jika diperlukan perbandingan kondisi mata bila ada pemeriksaan lanjutan.


RetCam Pada Bayi Prematur

Bayi prematur mempunyai masalahnya sendiri yang dikenal dengan Retinopathy of Prematurity (ROP). ROP adalah gangguan perkembangan lapisan saraf mata/retina yang dapat mengakibatkan gangguan penglihatan serius hingga kebutaan. semakin muda usia kehamilan dan semakin kecil berat badan bayi saat lahir, semakin besar peluang terjadinya ROP. Sangat penting dilakukan pemeriksaan mata secara detail dan berkala sampai periode tertentu, karena retina belum berkembang sempurna. kematangan retina harus dipantau, agar terapi/intervensi dapat segera dilakukan bila ditemukan kelainan pada proses tersebut.


Informasi Lebih Lanjut :

Perawat Kamar Bayi RSIA Limijati Telepon (hunting) : (022) 420 7770 / 8428 1333 ext. 4170.

Informasi

RSIA Limijati Customer Service

(hunting) +6222 420 7770

(hunting) +6222 8428 1333

customercare@rsia-limijati.com