PERLINDUNGAN PADA PEROKOK PASIF

Updated: Jan 7

Rokok apabila dihisap menghasilkan dua jenis asap:


· Asap utama (mainstream) yaitu asap yang keluar dari pangkal rokok, asapnya lebih berbahaya karena mengandung unsur lebih kecil, sehingga lebih cepat bereaks terhadap jaringan tubuh.


· Asap sampingan (sidestream) adalah asap hasil pembakaran dari ujung rokok, kemudian menyebar ke udara. Asap sampingan ini memiliki konsentrasi racun lebih tinggi, sehingga penghirup asap ini memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan kesehatan akibat rokok.


Asap rokok mengandung sekitar 4000 bahan kimia, dan 43 diantaranya merupakan bahan kimia pencetus kanker. Hanya 15 persen bahan kimia tersebut terhisap oleh perokok aktif, sedangkan 85 persen lainnya terhirup oleh perokok pasif.


Racun pada Asap Rokok


Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.


· Tar adalah substansi hidrokarbon yag bersifat lengket dan menempel pada paru-paru dan menyebabkan kanker.


· Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan perederan darah, sehingga membuat pemakainya kecanduan.


· Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.


Apa itu perokok pasif?


Perokok pasif adalah orang-orang yang berada di lingkungan orang yang merokok sehingga terpaksa menghirup asap rokok yang mengandung zat-zat yang berbahaya.


Apa Efek perokok pasif terhadap kesehatan?


· Efek langsung

Seperti iritasi mata, batuk-batuk, pusing dan mual-mual. Pada penderita asma dapat mengakibatkan kekambuhan dan menurunkan fungsi paru.


· Efek tidak langsung

Secara umum perokok pasif memiliki peningkatan risiko untuk terkena kanker sebanyak 25%. Pada bayi, menimbulkan kematian mendadak pada bayi, biasanya terjadi pada umur kurang dari 1 tahun. Selain itu dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, asma, bronkhitis, TBC, dan penyakit paru kronis lainnya.


#bahayarokok #perokokpasif