KURANG TIDUR???? SAAT BAYI ANDA BARU LAHIR??

Itu keluhan banyak orangtua saat baru memiliki bayi. Sebenarnya bagaimana pola tidur bayi yang baru lahir? Berikut ini tips agar ibu dan ayah, terutama yang baru punya bayi, lebih memahami pola tidur si kecil. Bayi yang baru lahir tidur selama -/+ 16 jam setiap harinya. Bayi baru lahir punya fase tidur yang berbeda yaitu mengantuk, tidur ringan, tidur nyenyak dan tidur yang sangat nyenyak.

Memang awalnya orangtua baru bisa sangat stres menghadapi pola tidur bayi yang hanya bisa tidur nyenyak selama 3-4 jam ini. Sabar adalah kuncinya. Saat bayi semakin besar, dia akan beradaptasi dengan lingkungan di luar janin.

Tips Membuat Bayi Baru Lahir Tidur di Malam Hari


1. Ciptakan lingkungan kamar yang aman dan nyaman untuk bayi.

2. Jangan taruh benda yang bisa membuatnya sulit bernafas seperti banyak bantal dan mainan di sekelilingnya.

3. Hindari memberinya terlalu banyak stimulasi saat disusui atau diganti popoknya.

4. Usahakan bayi Mom’s tidur dengan lampu yang tidak terlalu terang.

5. Jangan ajak bayi bermain atau terlalu banyak bicara dengannya. Hal-hal yang Mom’s lakukan itu akan membuatnya berpikir kalau malam hari adalah waktunya tidur.

Meskipun si kecil masih terlalu sulit untuk memahami kalau itu adalah sebuah rutinitas, setidaknya Anda sudah melakukan pola yang benar dan bermanfaat saat dia mulai besar. Butuh waktu beberapa minggu dan kesabaran untuk otak bayi bisa membedakan antara siang dan malam.


Yang harus dipegang agar Tips ini berhasil adalah konsisten dengan rutinitas yang sudah diterapkan dan komunikasi yang baik antara kedua orang tua. Selamat mencoba Moms...


#Tidur #MembuatBayiTidur #KesehatanAnak