APA YANG TERJADI DI BALIK PERUT BUNDA???

Updated: Jan 7

Bulan ke Satu


Sel telur yang telah dibuahi menjadi sekumpulan sel berbentuk bola yang telah menempel di dinding lahir. Di tahap ini tumbuh susunan saraf pusat dan janin. Saat ini ukurannya 2 MM sangat kecil ya bunda..

Bulan ke Dua


Wajah mulai terbentuk, tangan, kaki tampak, otot-otot mulai tumbuh. Detak jantung mulai terdeteksi, plasenta dan tali pusat mulai terlihat.


Bulan ke Tiga


Jari dan kaki mulai terbentuk dibulan ini. Awalnya jari-jari masih menyatu, tapi dengan cepat mulai terpisah. Pada pertengahan bulan jantung bayi bunda sudah terbentuk dengan sempurna, telinga sudah terlihat, dan ia sudah disebut dengan janin. Diakhir bulan organ vitalnya sudah terbentuk

Bulan ke Empat


Bayi bunda berkembang sangat cepat, organ dalam sudah mulai terbentuk, kuku jari tangan dan kaki tertumbuh. Tampak kurus karena belum ada lapisan lemak di dalam tubuhnya. Di akhir bulan rambut halus tumbuh di seluruh tubuh bayi bunda. Bayi bunda sudah dapat mengisap jempol.


Bulan ke Lima


Bayi bunda berkembang sangat pesat, panjangnya mencapai 13 cm. ia kini memproduksi selaput putih yang melapisi tubuhnya dan melindungi kulitnya. Rambut, alis dan bulu matanya tumbuh, inderanya juga berkembang. Meski matanya masih terpejam, bayi bunda dapat menangkap cahaya yang terang.

Bulan ke Enam


Sistem pencernaan dan kekebalan tubuh semakin matang. Bayi bunda mulai mengeluarkan air seni salah satu tanda dari berfungsinya sistem pencernaan. Bunda sudah dapat merasakan gerakan-gerakan, terutama saat bunda istirahat. Gerakan bunda dan suara ramai bikin ia tidur dan ia sudah memiliki pola tidur.


Bulan ke Tujuh


Seluruh organ vitalnya sudah lengkap (kecuali paru-paru), dan dapat berfungsi dengan baik. Otaknya berkembang dengan pesat dan tubuhnya mulai berbentuk. Apabila bayi Bunda harus dilahirkan di bulan ini, ia dapat bertahan hidup.

Bulan ke Delapan


Gerakan bayi bunda sudah terkoordinasi dengan baik, ia sudah dapat membuka dan menutup mata (berkedip) dan dapat merasakan manis dan asam. Kepala bayi bunda mungkin sudah ada di bawah dalam posisi siap dilahirkan. Akan tetapi posisi ini dapat berubah sewaktu-waktu.


Bulan ke Sembilan


Bayi bunda telah lengkap terbentuk dan ia kini bisa terlahir kapan saja, setiap minggu ia akan bertambah sekitar 225 gram. Lapisan lemaknya mulai berkembang di bawah kulitnya, membuatnya tampak lebih berisi dan ia memberikan cadangan energy untuk digunakan pada saat ia keluar dari rahim bunda.


#kehamilan #kesehatanibu #perkembanganjanin